BAB 2
PEMBAHASAN
B.
Tahapan pelaksanaan evaluasi
Tahapan
pelaksanaan evaluasi proses pembelajaran adalah penentuantujuan, menentukan
desain evaluasi, pengembangan instrumen
evaluasi, pengumpulan informasi/data, analisis dan interpretasi dan tindak
lanjut.
1. Menentukan
Tujuan Evaluasi Pembelajaran
Tujuan
evaluasi proses pembelajaran dapat dirumuskan dalam bentuk pernyataan atau
pertanyaan. Secara umum tujuan evaluasi proses pembelajaran untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan berikut:
(1)
Apakah strategi pembelajaran yang dipilih dan dipergunakan oleh guru efektif,
(2)
Apakah media pembelajaran yang digunakan oleh guru efektif,
(3)
Apakah cara mengajar guru menarik dan sesuai dengan pokok materi sajian yang
dibahas, mudah diikuti dan berdampak siswa mudah mengerti materi sajian yang
dibahas,
(4) Bagaimana persepsi siswa terhadap materi
sajian yang dibahas berkenaan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai,
(5)
Apakah siswa antusias untuk mempelajari materi sajian yang dibahas,
(6)
Bagaimana siswa mensikapi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru,
(7)
Bagaimanakah cara belajar siswa mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan oleh
guru.
2. Menentukan
desain evaluasi
Desain
evaluasi proses pembelajaran mencakup rencana evaluasi proses dan pelaksana
evaluasi. Rencana evaluasi proses pembelajaran berbentuk matriks dengan
kolom-kolom berisi tentang: No. Urut, Informasi yang dibutuhkan, indikator,
metode yang mencakup teknik dan instrumen, responden dan waktu. Selanjutnya
pelaksana evaluasi proses adalah guru mata kuliah yang
bersangkutan.
3. Penyusunan
instrumen evaluasi
Instrumen
evaluasi proses pembelajaran untuk memperoleh informasi deskriptif dan/atau
informasi judgemental dapat berwujud (1) Lembar pengamatan untuk mengumpulkan
informasi tentang kegiatan belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran yang
dilaksanakan oleh guru dapat digunakan oleh guru sendiri atau oleh siswa untuk
saling mengamati, dan (2) Kuesioner yang harus dijawab oleh siswa berkenaan
dengan strategi pembelajaran yang dilaksanakan guru, metode dan media
pembelajaran yang digunkan oleh guru, minat, persepsi maha-siswa tentang
pembelajaran untuk suatu materi pokok sajian yang telah terlaksana.
4. Pengumpulan
data atau informasi
Pengumpulan
data atau informasi dilaksanakan secara obyektif dan terbuka agar diperoleh
informasi yang dapat dipercaya dan bermanfaat bagi peningkatan mutu
pembelajaran. Pengumpulan data atau informasi dilaksanakan pada setiap akhir
pelaksanaan pembelajaran untuk materi sajian berkenaan dengan satu kompetensi
dasar dengan maksud guru dan siswa memperoleh gambaran menyeluruh dan kebulatan
tentang pelaksanaan pembelajaran yang telah dilaksanakan untuk pencapaian
penguasaan satu kompetensi dasar.
5. Analisis
dan interpretasi
Analisis
dan interpretasi hendaknya dilaksanakan segera setelah data atau informasi
terkumpul. Analisis berwujud deskripsi hasil evalusi berkenaan dengan proses
pembelajaran yang telah terlaksana; sedang interpretasi merupakan penafsiran
terhadap deskripsi hasil analisis hasil analisis proses pembelajaran. Analisis
dan interpretasi dapat dilaksanakan bersama oleh guru dan siswa agar hasil
evaluasi dapat segera diketahui dan dipahami oleh guru dan
maha-siswa
sebagai bahan dan dasar memperbaiki pembelajaran selanjutnya.
6. Tindak
lanjut
Tindak
lanjut merupakan kegiatan menindak lanjuti hasil analisis dan interpretasi.
Dalam evaluasi proses pembelajaran tindak lanjut pada dasarnya berkenaan dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan selanjutnya dan evaluasi pembelajarannya.
Pembelajaran yang akan dilaksanakan selanjutnya merupakan keputusan tentang
upaya perbaikan pembelajaran yang akan dilaksanakan sebagai upaya peningkatan
mutu pembelajaran; sedang tindak lanjut evaluasi pembelajaran berkenan dengan
pelaksanaan dan instrumen evaluasi yang telah dilaksanakan mengenai tujuan,
proses dan instrumen evaluasi proses pembelajaran.
terima kasih atas artikelnya sobat
BalasHapus